.

Israel Desak Facebook Tutup Laman Intifada

25 March 2011

 

    Menteri Israel bidang Diplomasi dan Yahudi Diaspora, Yuli Edelstein mengirim surat kepada pemilik laman jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, Rabu (23/3). Dalam suratnya, Edelstein meminta Zuckerberg untuk menghapus halaman grup di Facebook yang menyerukan gerakan Intifada ketiga di Palestin untuk melawan Zionis Israel.
  
   Grup "Gerakan Intifada Ketiga" itu baru dilancarrkan kurang dari sebulan yang lalu di Facebook, dan langsung mendapat dukungan yang luar biasa dari para pengguna jejaring sosial itu. Sekitar 250,000 Facebooker menyatakan dukungannya terhadap seruan untuk mengadakan perlawanan Intifada ketiga terhadap Israel pada tanggal 15 Mei akan datang, bersamaan dengan peringatan hari Nakbah atau "Hari Bencana" bagi rakyat Palestin saat berdirinya negara haram Israel.
 
   Para pembuat halaman grup "Intifada" itu menyatakan, mereka terinspirasi oleh kebangkitan rakyat di Timur Tengah yang mampu menumbangkan pemimpin diktator seperti di Tunisia dan Mesir. Mereka berharap bangkitnya gerakan Intifada juga boleh menumbangkan rejim Zionis Israel, dengan perjuangan seluruh rakyat Palestin dan bantuan dari negara-negara tetangga Palestin.

    Selain menyerukan gerakan "Intifada ketiga" halaman grup di Facebook itu juga menyerukan agar masyarakat Arab di Jordan, Mesir dan Syria terus melakukan aksi protes, sementara rakyat Palestin di Tebing Barat dan di Jalur Gaza akan melakukan serangan ke pemukiman-pemukiman ilegal Israel di wilayah Palestin. Mereka juga menyerukan Lebanon untuk memberikan bantuan, dengan menembakkan misil-misilnya ke wilayah Israel.
Edelstein dalam suratnya mendesak Zuckerberg untuk segera menutup halaman grup "Intifada" itu. Ia menyatakan, surat itu ditulis bukan atas kedudukannya sebagai menteri Israel, tapi sebagai orang yang ingin berbahagi nilai-nilai dalam kebebasan mengungkapkan pendapat, yang menurutnya berbeza dengan kebebasan yang sifatnya menghasut.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP